Sabtu, September 11, 2010

Mak ne

Dulu wkt gw tinggal di jkt, gw punya tetangga yg gw panggil dgn "mak ne" singkatan dari emaknya yeni. Keluarga gw ama dia terbilang akrab...krn ade gw yg cowo jd anak angkat mak ne....ade gw ini wkt kecil sakit2an. Katanya sich shio'nya chiong ama shio bokap gw. Nah di tradisi china, kl ada anak yg shio'nya chiong ama papanya, biasanya di jadikan anak angkat oleh org lain yg shio'nya cocok ama anaknya dan di beri nama (kl ga slh sich gitu yach tradisinya). Tapi kata bokap gw wkt ade gw dijadikan anak angkat ama mak ne, dan di ksh nama baru. Ade gw uda ga pernah sakit2 lagi.

Tahun 1990 gw sekeluarga pindah ke tangerang, tp hubungan kita msh baik. Mereka sekeluarga pernah ke rmh gw wkt lebaran. Dan wkt nyokap msh hidup, nyokap ssering jg ke sana.....
Kita lost contact dr thn 2002, wkt daerah rmh gw yg dulu kebakaran. kebakarannya menghanguskan 10RT loch....Soalnya daerah itu padat penduduk...yg rumahnya dempet2 tripikal jakarta bgt...

Tgl 9 kemarin pas malam takbiran, ade gw telp gw dia blg lg di rmh mak ne.... Hati gw kaget, ga nyangka kl bakal ketemu ama mak ne lg...pas kejadian kebakaran, kita ga tau mrk pindah kemana.....
Nah ternyata beberapa hr sebelumnya mak ne lewat tempat bokap kerja, trs mampir and ksh alamat dech....

Yang bkn gw terharu wkt td kerumahnya melihat kondisi rumahnya yg kecil bgt...dan ditinggali oleh 3 kepala keluarga (mak ne, anaknya 2 uda merried and tinggal disana jg)....Mak ne sehari2 berdagang gado2, and guese what....dia jualan gado2 cuma seharga 3rb seporsi....itupun menurut dia org disitu sdh blg mahal....miris bgt dech....

Dan ini membuat gw jadi bener2 belajar berterima kasih atas berkat yg gw terima......Mengajarkan gw untuk sering2 melihat kebawah....krn banyak bgt org2 yg lebih memerlukan daripada gw....


Bapa kami yang ada di surga
Dimuliakanlah nama-Mu
Datanglah Kerajaan-Mu
Jadilah kehendak-Mu
Di atas bumi seperti di dalam Surga
Berilah kami rejeki pada hari ini
Dan ampunilah kesalahan kami, seperti kamipun mengampuni yang bersalah kepada kami
Dan janganlah masukkan kami ke dalam percobaan
Tetapi bebaskan kami dari yang jahat
[Karena Engkaulah yang empunya Kerajaan dan kuasa dan kemuliaan sampai selama-lamanya
Amin.]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar