Minggu, Juli 25, 2010

Moral lesson buat koko

Minggu lalu ada kejadian dari ke'aktif'an sifat koko.....

Jadi ceritanya koko lagi asyik main ama dedenya, and gw lg asyik di depan comp. Mungkin krn bosan main ama dedenya, dia masuk kamar and tutup pintu. Jadi gw ga tau apa yg diperbuat...(biasanya sich dia main mobil2an sendiri dikamar or loncat2 diranjang)

Begitu jam tidur siang koko, gw masuk kamar dan lgs lht kaca....eng ing eng....tuch kaca dicoret2 pakai spidol. Ditulis huruf2 ama koko.....begitu ditanya siapa yg coret2, koko blg ga tau... yach uda dech diem dulu sambil mikir pertanyaan yg bisa bikin koko ngaku....

Sambil tiduran sambil nanya ke koko...siapa yg coret2 kaca...eh tetep loch ga mau ngaku....duch ampe frustasi mesti gimana biar koko mau ngaku perbuatannya....padahal jelas2 si koko yg coret2...soalnya itu tulisan koko..

Gw : "ko2, ayo coba jawab. siapa yg coret2 kaca mama?"
koko : "ga tau..."
Gw : " kl ga ada yg coret2, emang spidol bisa coret2 kaca sendiri ?"
koko : " ga bisa"
gw : " kenapa koko ga mau ngaku ? koko takut ?"
koko : diem aja ga ngomong
tambah frustasi dech gw...

gw : " koko, mama ksh tau yach...kl jadi orang harus bertanggung jawab. kalo koko uda berbuat salah, koko harus berani mengakui."
sambil mikir...anak 4th ngerti ga yach diajak ngomong gini xixixi...and koko msh tetep diem....arg....pusing 7 keliling...sambil mikir kata2 yg pas buat anak 4th...
gw : " koko knp ga mau ngaku ? koko takut mama marah ? kl koko ga mau ngaku, mama tambah marah loch...skr mama tanya lagi...siapa yg coret2 kaca mama ?
koko : " koko" jawabnya sambil melas...

Lega akhirnya koko mau ngaku juga xixixi tapi tetep penasaran
Gw : "knp td mama tanya, koko blg tau ? koko takut ?"
koko cuma ngangguk kepala doang
Gw : " koko..sekarang mama tanya lg. Kalo tulis di tembok, dikaca apa di buku ?
Koko : " Dibuku "
Gw : " Berarti td coret2 kaca, bener apa salah ?
Koko : "salah"
Gw : "ko, skr mama ksh tau yach....kl koko buat salah, koko harus ngaku, terus harus minta maaf. Jangan ama mama aja...ama temen2 and guru koko juga harus gitu"
koko cuma diem aja sambil angguk kepala....

Duch ternyata cape juga yach ngajarin anak 4 tahun soal salah and benar, soal berani mengakui kesalahan.....Doa mama untuk koko, semoga besar nanti menjadi anak yg berani berbuat, berani bertanggung jawab......Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar